Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya berpikir kreatif siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bandung terhadap suatu konsep yang disebabkan antara lain oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit dalam berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Predict, Planning, Observe, Explain, Write (P2OEW) pada subkonsep menghilangnya keanekaragaman hayati di SMA Negeri6 Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bandung, yaitu pada kelas X MIPA 4. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design tanpa adanya kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur berpikir kreatif berupa 5 soal Essay. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasiluji t signifikan karena t hitung> t table sebesar7,03> 2,68. Sedangkan ketercapaian presentase rata-rata berpikir kreatif siswa pada saat pretest sebesar 54% dan hasil posttest sebesar 80%. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tolak Ho sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan setelah siswa mendapatkan perlakuan model pembelajaran Predict, Planning, Observe, Explain, Write (P2OEW).Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict, Planning, Observe, Explain, Write (P2OEW) dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa Kata Kunci : ModelP2OEW,BerpikirKreatifSiswa.