Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berfikir Kreatif, imajinatif dan inovatif (kebiasaan berfikir) pada konsep Pencemaran lingkungan di kelas X IPA SMA IT Fithrah Insani. Hipotesis yang penulis ajukan adalah”Terdapat peningkatan berpikir Kreatif, imajinatif dan inovatif (kebiasaan berfikir menggunakan model pembelajaran Problem Best Learning (PBL) pada konsep Pencemaran lingkungan.” Metode pnelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pra -Eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Hasil yang didapatkan penulis dari yaitu Penilaian pada ranah kognitif mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut bisa dilihat dari perolehan uji normalitas pretest 51dan postest 78,83sehingga mencapai hasil yang signifikan Ho diterima. Penilaian pada ranah afektif memperoleh nila 93,2 dan penilaian pada ranah psikomotor memperoleh nilai rata-rata 88 dengan atau mencapai kriteria sangat baik. Berdasarkan uraian di atas maka pengaruh model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif, imajinatif dan inovatif pada konsep pencemaran lingkungan mengalami peningkatan pembelajaran yang signifikan. Kata kunci : problem based learning, kemampuan berfikir kreatif, imajinatif dan inovatif, konsep pencemaran lingkungan.