PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MIVI PADA KONSEP SISTEM IMUN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis keterampilan berfikir kritis melalui media pembelajaran Multimedia Interaktif Visual (MIVI) pada konsep sistem imun pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung; 2) Untuk menganalisis respon siswa pada pembelajaran konsep sistem imun dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif Visual (MIVI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain One-Group PretestPosttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keterampilan berfikir kritis siswa SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) Soal keterampilan berfikir kritis berupa bentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban sebanyak 30 butir soal yang sesuai dengan indikator berfikir kritis yang sudah diuji cobakan sebelumnya; 2) Berupa angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest 49, 97 dan rata-rata posttest 78, 03. Hasil Uji t menunjukkan adanya perbedaan distribusi signifikan diperoleh dengan Thitung > Ttabel sebesar 13, 01 > 2, 64. Peneliti melanjutkan dengan uji gain dan diperoleh dengan hasil 0, 56 yang menunjukkan kategori sedang. 1) Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa dapat dilihat dari N-gain yang menunjukkan kategori sedang 0,56; 2) Siswa menunjukkan respon siswa yang positif terhadap pembelajaran sistem imun dengan media pembelajaran Multimedia Interaktif Visual (MIVI). Kata Kunci : Keterampilan Berfikir Kritis, Multimedia Interaktif Visual (MIVI), Sistem Imun.