PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAFASAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem pernapasan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif visual di salah satu SMA Swasta di kota Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan jumlah siswa 21 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan One Group PretestPosttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrument berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal untuk mengukur ranah kognitif siswa, pada ranah afektif dan psikomotor penilaian diperoleh menggunakan format observasi yang ada. Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Multimedia Interaktif Visual diperoleh menggunakan angket respon siswa yang diberikan setelah pembelajaran. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan pada ranah kognitif antar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif Visual, pada ranah afektif dan psikomotor mendapatkan hasil yang baik dan mendapatkan respon yang baik dari siswa. Maka dapat disimpulkan bahawa penggunaan media pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem pernafasan. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif Visual, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan