Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran PBL dengan asesmen autentik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel. Hal ini didasari perlunya penggunaan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang menuntut siswa menjadi proaktif, sehingga membangkitkan motivasi belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Pasundan 8 yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, lembar penilaian sikap, dan lembar penilaian keterampilan. Setelah melakukan penelitian dan analisis, diperoleh data berupa nilai rata-rata pretest siswa sebesar 47,29, nilai rata-rata posttest sebesar 78,71 dengan nilai indeks gain sebesar 0,55 menunjukan kategori sedang. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa hipotesis dari peneliti adalah benar, yaitu bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dengan asesmen autentik pada materi sel mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Asesmen Autentik, Hasil Belajar.