PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA UNTUK MENEMUKAN KEAKURATAN PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap kebiasaan menemukan keakuratan pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada kebiasaan menemukan keakuratan, sedangkan bagi pendidik dan sekolah dapat dijadikan bahan pertimbangan alternatif untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran yang inovatif, aktif dan komunikatif serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 2 di SMA Pasundan 3 Bandung dengan jumlah 23 orang. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah pada kognitif mendapat nilai N-Gain 0,99 dengan kriteria tinggi, penilaian pada ranah afektif mendapat nilai 77 dengan kriteria baik dan penilaian pada ranah pengamatan sikap menunjukkan nilai 82,69 dengan mencapai kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kebiasaan menemukan keakuratan pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), kebiasaan menemukan keakuratan, pencemaran lingkungan.