PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RESPONDING WITH WONDERMENT AND AWE PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Responding with Wonderment and Awe pada konsep keanekaragaman hayati. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada kebiasaan Responding with Wonderment and Awe. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 3 di SMA Negeri 1 Parongpong dengan jumlah 35 orang siswa. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada ranah kognitif mendapat nilai N-Gain 0,56 dengan kriteria sedang, penilaian sikap dan keterampilan yang diperoleh dari penilaian pengamatan sikap menunjukkan nilai 83,94 atau mencapai kriteria sangat baik, penilaian kinerja berupa observasi dan diskusi menunjukkan nilai 81,00 atau mencapai kriteria sangat baik, penilaian produk menunjukkan nilai 81,34 atau mencapai kriteria sangat baik, dan diperkuat oleh penilaian persepsi siswa (angket) menunjukkan nilai 79,45 atau mencapai kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kebiasaan Responding with Wonderment and Awe pada konsep keanekaragaman hayati. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Responding with Wonderment and Awe, keanekaragaman hayati.