PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DI DALAM MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA KONSEP SISTEM GERAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum didalam model guided inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, psikomotor. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIPA I di SMA PGII 2 Bandung tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 36 orang. Metode yang digunakan adalah Pre-Exsperimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penilaian aspek kognitif mendapat nilai N-Gain 0,55 dengan kategori sedang, penilaian aspek afektif mendapat jumlah Rata-rata 83% dengan kategori baik, penilaian aspek psikomotor pada kinerja siswa mendapat jumlah Rata-rata 79,63% dengan mencapai kategori baik, penilaian LKS mencapai Rata-rata 77,91% dengan kategori baik, dan penilaian kuesioner respon siswa menunjukan rata-rata keseluruhan 92% dengan kategori hampir seluruhnya, kemudian tanggapan siswa tentang pembelajaran melalui praktikum didalam guided inquiry pada wawancara siswa terdapat kendala yaitu alat-alat praktikum yang dibutuhkan banyak, membutuhkan waktu yang banyak dan kelebihannya yaitu sebanyak 30 siswa menyakatakan bahwa mereka menjadi lebih aktif dalam pembelajaran melalui praktikum didalam model guided inquiry. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktikum didalam model guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada konsep sistem gerak. Kata kunci: Praktikum, Guided Inquiry, Peningkatan Hasil belajar, Sistem gerak.