PERBEDAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan peningkatan hasil belajar siswa melalui LKS berbasis Problem Based Learning dengan LKS berbasis Inquiry. Penelitian ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Subjek penelitian yaitu kelas X IPA D dan X IPA E di MAN 1 Bandung. Subjek siswa 40 orang pada kelas LKS berbasis PBL dan 33 orang pada kelas LKS berbasis Inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experiment dengan desain penelitian One-GroupPretest-Posttest Design. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes awal dan tes akhir berbentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji normalitas berupa Kolmogorov-Swirnov Test, uji homogenitas berupa uji varian menggunakan ANOVA, dan uji hipotesis menggunakan uji t tidak berpasangan. Setelah menganalisis data hasil penelitian, tes akhir menunjukkan sig (2-tailed) < 0,05 berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu nilai rata-rata posttest kelas LKS berbasis PBL yaitu 53,67 dan kelas LKS berbasis Inkuiri yaitu 79,69. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis Inkuiri lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada LKS berbasis PBL. Kata kunci : Hasil Belajar, LKS berbasis Problem Based Learning, LKS berbasis Inquiry, LKS berbasis PBL. LKS berbasis Inkuiri