STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS HAPPYFRESH
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Strategi Marketing Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness HappyFresh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang dilakukan oleh HappyFresh dalam membangun brand awareness pada mahasiswa FISIP Universitas Pasundan dan untuk mengetahui hambatan dan juga usaha apa saja yang dilakukan oleh marketing public relations HappyFresh. Marketing Public Relations (MPR) adalah proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi berisi informasi yang dapat dipercaya dan kesan yang menggambarkan perusahaan produk-produknya sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Strategi MPR yang baik adalah strategi yang dapat membuat pasar tertarik perhatiannya dan kemudian memakai produk yang dipromosikan berulang kali (brand awareness). Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, dengan tipe penelitian yang bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi lapangan, wawancara, dan angket online. Pemilihan responden menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan HappyFresh sudah berjalan cukup baik untuk membangun brand awareness mahasiswa FISIP Universitas Pasundan. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengetahui tentang HappyFresh walaupun masih diperlukan beberapa evaluasi terkait strategi lain push dan pass yang belum maksimal dalam memberikan informasi kepada mahasiswa FISIP Universitas Pasundan. Adapun beberapa hal yang direkomendasikan peneliti kepada pihak marketing public relations HappyFresh, yaitu untuk lebih memperbanyak kegiatan direct selling agar mahasiswa dapat mengenali dan mengetahui HappyFresh secara langsung dan mendalam dengan kegiatan roadshow dan sponsorship. Kemudian pihak HappyFresh sebaiknya juga memilih influencer yang lebih dekat dengan mahasiswa agar kegiatan endorsement berjalan dengan lebih baik.