ctrlnum 31004
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/31004/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK &#xD; MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA&#xD; PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA&#xD; (Penelitian tindakan kelas pada tema 9 Kayanya Negeriku di kelas IV SD &#xD; Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung)</title><creator>AI DARWATI, 135060278</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi lemahnya motivasi siswa terhadap &#xD; materi Kekayaan Sumber Energi di Idonesia pada Kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus &#xD; Kota Bandung tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan guru sehari -hari &#xD; adalah metode ceramah sehingga siswa cenderung menjadi pasif dan pembelaj aran &#xD; akan berpusat pada guru . Terkait dengan permasalahan tersebut maka yang menjadi &#xD; permasalahan adalah model yang digunakan guru belum efektif, sehingga untuk &#xD; menyelesaikan permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model Discovery &#xD; Learning. Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan &#xD; mengguakan model Discovery Learning ? sehingga peneliti dapat menyimpulkan &#xD; tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap &#xD; motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia &#xD; di kelas IV SD Negeri 130 kota Bandung. Model Discovery Learning menurut &#xD; Oemar Hamalik menyatakan bahwa discovery adalah proses pembelajaran yang &#xD; menitikberatkan pada mental intelektual pada mental intelektual para anak didik &#xD; dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu &#xD; konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan dilapangan. Adapun metode &#xD; penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas model &#xD; yang peneliti kembangkan ke dalam tiga siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari dua &#xD; tindakan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dari lembar observ asi, &#xD; catatan lapangan, hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu ditunjukan &#xD; dengan peningkatan ketuntasan belajar dari 61,83 % menjadi 63,88 % sedangkan &#xD; siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 63,88 % menjadi 75,88&#xD; %. Dan pada siklus III menalami peningkatan hasil belajar dari 75,88 % menjadi &#xD; 85,27 % . Jadi dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat &#xD; meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa terhadap subtema Kekayaan Sumber &#xD; Energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung. &#xD; Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa</description><date>2017-10-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/3/1COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/3/ABSTRAK%20INDO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/1/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/1/ABSTRAK%20SUNDA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/7/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/2/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/4/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/31004/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> AI DARWATI, 135060278 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian tindakan kelas pada tema 9 Kayanya Negeriku di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>31004</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AI DARWATI, 135060278
title PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian tindakan kelas pada tema 9 Kayanya Negeriku di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung)
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/31004/3/1COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/3/ABSTRAK%20INDO.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/1/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/1/ABSTRAK%20SUNDA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/7/bab%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/2/bab%202.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/4/bab%203.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/5/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/31004/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi lemahnya motivasi siswa terhadap materi Kekayaan Sumber Energi di Idonesia pada Kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan guru sehari -hari adalah metode ceramah sehingga siswa cenderung menjadi pasif dan pembelaj aran akan berpusat pada guru . Terkait dengan permasalahan tersebut maka yang menjadi permasalahan adalah model yang digunakan guru belum efektif, sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model Discovery Learning. Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan mengguakan model Discovery Learning ? sehingga peneliti dapat menyimpulkan tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 130 kota Bandung. Model Discovery Learning menurut Oemar Hamalik menyatakan bahwa discovery adalah proses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental intelektual pada mental intelektual para anak didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan dilapangan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas model yang peneliti kembangkan ke dalam tiga siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dari lembar observ asi, catatan lapangan, hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar dari 61,83 % menjadi 63,88 % sedangkan siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 63,88 % menjadi 75,88 %. Dan pada siklus III menalami peningkatan hasil belajar dari 75,88 % menjadi 85,27 % . Jadi dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa terhadap subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
id IOS3183.31004
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-10-19T23:11:41Z
last_indexed 2017-10-19T23:11:41Z
recordtype dc
_version_ 1766044931071148032
score 17.538404