PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cinta Asih II Kabupaten Majalengka)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli dan santun serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IVsebagai observer. PTK ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cinta Asih II, sebanyak 20 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap peduli, dan santun. Sikap peduli cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa.Sikap santun cenderung berada pada kategori belum terlihat (BT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M). Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 8 orang atau sebesar 40% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang siswa atau sebesar 60%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 80% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 20%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 19 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategor cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.