Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 perubahan wujud benda belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 perubahan wujud benda di kelas V SDN Pamoyanan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menerapkan metode Role Playing dengan model Discovery Learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 perubahan wujud benda. Dengan demikian metode Role Playing dengan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Role Playing, Discovery Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.