PENERAPAN MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Di Kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang)

Main Author: YUDISTIRA SOLIHIN, 135060291
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/30960/5/Cover%20Skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/1/abstrak%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/1/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/2/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/4/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/3/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/3/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30960/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan di kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Multiliterasi Investigasi pada pembelajaran tematik tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan di kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Jayagiri sebanyak 31 orang siswa. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan lingkungan dengan menggunakan model Multiliterasi Investigasi. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I rata-rata nilai rasa ingin tahu yang didapat siswa sebesar 1,96 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 55% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 45%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 72,74 dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 55% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas mencapai 45%. Selanjutnya pada siklus II rata-rata nilai rasa ingin tahu yang didapat siswa sangat meningkat menjadi sebesar 2,94 dengan persentase ketuntasan siswa 93% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 7%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat siswa 76,93 dengan persentase ketuntasan siswa sangat meningkat mencapai 83% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 17%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Multiliterasi Investigasi dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 Benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 Manusia dan lingkungan di kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi Investigasi, Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa.