PENERAPAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Kelas V SD Negeri 42 Tanjungpandan)
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul penerapan model Inquiry Based Learning Tipe Picture And Picture untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya sikap cermat dan mandiri serta nilai hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran.Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan akitivitas belajar siswa siklus I sebesar 92,5% dan siklus II sebesar 100% hasil belajar peserta didik juga meningkat seiring dengan berjalannya pertemuan.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Inquiry Based Learning Tipe Picture And Picture dapat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada Materi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Kelas V SD Negeri 42 Tanjungpandan. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakn model Inquiry Based Learning Tipe Picture And Picture. Dengan demikian, penerapan model Inquiry Based Learning Tipe Picture And Picture dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci: Inquiry Based Learning Tipe Picture And Picture, dan hasil belajar