Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan percaya diri siswa pada subtema wujud benda dan cirinya di kelas V SDN Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Gentra Masekdas Kota Bandung yang berjumlah sebanyak 36 orang siswa, 20 orang siswa laki-laki, 16 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif yakni membandingkan siklus I, siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari: 1) Aspek kognitif (pengetahuan) siklus I dengan persentase sebesar 66,7%, siklus II 83,3%, peningkatan sebesar 16,6%; 2) Aspek Afektif (percaya diri) siklus I dengan persentase sebesar 41,7%, siklus II sebesar 83,3%, peningkatan sebesar 41,6%; 3) Aspek psikomotor (keterampilan) siklus I dengan persentase sebesar 44,4%, siklus II sebesar 80,6%, peningkatan sebesar 36,2%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan percaya diri siswa pada subtema wujud benda dan cirinya di kelas V SDN Gentra Masekdas Kota Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Discovery Learning; Hasil Belajar; Percaya Diri.