MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SD Negeri Drawati 02 Kabupaten Bandung)
Daftar Isi:
- Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang menekankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dapat menemukan atau meneliti masalah berdasarkan fakta untuk memperoleh data, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan membimbing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini laksanakan di kelas IV SDN Drawati 02. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dari guru yang masih menggunakan metode konvensiaonal secara parsial dan faktor siswa itu sendiri yang masih belum biasa berperan aktif serta siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru saja pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari III siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes-non tes (Observasi, dan dokumentasi). Hasil penelitian ini menjukan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar pretest sebesar 40% sedangkan posttest 48.6%, pada siklus II hasil belajar pretest sebesar 57.2% sedangkan posttest 68.6%, dan pada siklus III hasil belajar pretest sebesar 80% dan posttest sebesar 91.4%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kata kunci: Model Inkuiri, Hasil Belajar.