PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANONJAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)
ctrlnum |
30905 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/30905/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA 
KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANONJAYA MELALUI PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)</title><creator>PUTRI ANDINA DJASWANA, 135050069</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan salah satu dari
kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses
pembelajaran. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah
peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang memperoleh model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada siswa
yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning , 2) mengetahui sikap
siswa terhadap pembelajaran metematika melalui model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretespostes.

Populasi
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
VIII
SMP
Negeri
1
Manonjaya

dan
sampelnya
adalah
siswa
kelas
VIII
A
dan
VIII
B
SMP
Negeri
1
Manonajaya

yang

dipilih secara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian
dan skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis hasil uji coba,
semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji-t melalui program SPSS 23.0 for Windows yaitu dengan
menggunakan Independent Sample t-Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada siswa
yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning. Selain itu, sikap siswa
positif terhadap pembelajaran kooperatif dengan tipe Group Investigation (GI)
dalam pembelajaran matematika . Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif
dengan tipe Group Investigation (GI) dapat dijadikan alternatif dalam
melaksanakan pembelajaran matematika.


Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Kooperatif,
tipe Group Investigation (GI), Sikap</description><date>2017-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/1/1.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/2/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/4/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30905/5/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf</identifier><identifier> PUTRI ANDINA DJASWANA, 135050069 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANONJAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>30905</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PUTRI ANDINA DJASWANA, 135050069 |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANONJAYA MELALUI PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/30905/1/1.%20Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/2/6.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/3/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/3/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/4/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/4/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/5/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/30905/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan salah satu dari
kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses
pembelajaran. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah
peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang memperoleh model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada siswa
yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning , 2) mengetahui sikap
siswa terhadap pembelajaran metematika melalui model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretespostes.
Populasi
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
VIII
SMP
Negeri
1
Manonjaya
dan
sampelnya
adalah
siswa
kelas
VIII
A
dan
VIII
B
SMP
Negeri
1
Manonajaya
yang
dipilih secara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian
dan skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis hasil uji coba,
semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji-t melalui program SPSS 23.0 for Windows yaitu dengan
menggunakan Independent Sample t-Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada siswa
yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning. Selain itu, sikap siswa
positif terhadap pembelajaran kooperatif dengan tipe Group Investigation (GI)
dalam pembelajaran matematika . Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif
dengan tipe Group Investigation (GI) dapat dijadikan alternatif dalam
melaksanakan pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Kooperatif,
tipe Group Investigation (GI), Sikap |
id |
IOS3183.30905 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-10-19T23:11:38Z |
last_indexed |
2017-10-19T23:11:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044930481848320 |
score |
17.538404 |