PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda dan Cirinya di Kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus Bandung Gg. Anyer Kecamatan Bandung Kidul Jl. Terusan Buah Batu, Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

Main Author: Saepul Fadilah, 135060213
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/30903/1/COVER%20Ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/2/Abstrak%20Bahasa%20Inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/2/Abstrak%20Bahasa%20Sunda.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/2/Abstrak%20Bahasa%20Indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/3/BAB%201%20Ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/3/BAB%20II%20Ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/3/BAB%20III%20Ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/4/BAB%20IV%20Ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/4/BAB%20V%20Ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30903/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus dan dilatar belakangi oleh keadaan siswa yang kurang menunjukan hasil belajar dan sikap percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih menggunakan metode konvesional yaitu metode ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 2 siklus. Dari perencanaan, pelaksanaan, obsesrvasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, dengan menggunakan model discovery learning yang terdiri dari 6 fase yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pemrosesan data/pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan berupa tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan lembar observasi untuk mengetetahui aktivitas siswa, sikap percaya diri siswa, dokumen guru, dan pelaksanaan pembelajaran Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan postest sedangkan sikap percaya diri menggunakan observasi. Untuk nilai rata-rata hasil belajar setelah menggunakan model discovery learning pada siklus ke I yaitu 74 sedangkan pada siklus ke II yaitu 80. Untuk sikap percaya diri pada siklus ke I sebesar 60%, sedangkan siklus ke II 90%. Hal ini dapat menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri.