Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Write Pair Switch dalam pembelajaran matematika pada materi eksponen bulat positif, negarif dan nol bagi siswa kelas X terhadap kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian eksperimen atau percobaan (experimental research) dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Write Pair Switch dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Pasundan 4 Kota Bandung dengan sampel penelitian adalah kelas X MP-1 sebagai kelas eksprimen sebanyak 30 siswa dan X MP-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang di pilih secara acak dari 6 kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan skala sikap self-confidence. Analisis data kemampuan pemahaman matematis menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan self-confidence siswa menggunakan uji-t dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Write Pair Switch lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, self-confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Write Pair Switch lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dari kesimpulan tersebut maka penulis menyarankan kepada guru untuk mempertimbangkan pembelajaran dengan menggunakan model Write Pair Switch yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa. Kata kunci: Model Write Pair Switch, Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Confidence siswa.