ctrlnum 30892
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/30892/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN &#xD; MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN &#xD; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN &#xD; PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP</title><creator>TITIN TRIYANTI, 135050085</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan pemecahan &#xD; masalah matematis dan productive disposition siswa Penelitian ini bertujuan &#xD; untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends &#xD; Analysis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan &#xD; productive disposition siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah &#xD; metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretest-postest. &#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Falah Kota &#xD; Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas &#xD; eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data &#xD; yang digunakan adalah tes kemampuan peecahan masalah matematis dan skala &#xD; productive disposition. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis &#xD; dan skala productive disposition telah diuji coba terlebih dahulu sehingga laak &#xD; untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan pemecahan &#xD; masalah matematis menggunakan uji independent sample t-test, begitu pula untuk&#xD; data productive disposition dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tetapi &#xD; karena data masih berupa data ordinal maka dengan metode MSI (Method of &#xD; Sucessive Interval) data diubah menjadi data interval kemudian dianalisis &#xD; menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: &#xD; peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang &#xD; menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dari pada &#xD; siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovey Learning dan pencapaian &#xD; productive disposition siswa dalam pembelajara matematika yang menggunakan &#xD; model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang &#xD; menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian, model &#xD; pembelajara Means-Ends Analysis dapat dijadikan salah satu alternatif model &#xD; pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran &#xD; matematika.&#xD; Kata Kunci: Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan &#xD; Pemecahan Masalah Matematis, Productive Disposition, Model &#xD; Pembelajaran Discovery Learning.</description><date>2017-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/1/1.%20SAMPUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/2/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/2/8.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/3/9.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/3/10.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/4/11.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/5/12.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/6/13.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> TITIN TRIYANTI, 135050085 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>30892</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author TITIN TRIYANTI, 135050085
title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/30892/1/1.%20SAMPUL.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/2/6.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/2/8.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/3/9.%20BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/3/10.%20BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/4/11.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/5/12.%20BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/6/13.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30892/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan productive disposition siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan productive disposition siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Falah Kota Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan peecahan masalah matematis dan skala productive disposition. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala productive disposition telah diuji coba terlebih dahulu sehingga laak untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji independent sample t-test, begitu pula untuk data productive disposition dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tetapi karena data masih berupa data ordinal maka dengan metode MSI (Method of Sucessive Interval) data diubah menjadi data interval kemudian dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovey Learning dan pencapaian productive disposition siswa dalam pembelajara matematika yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian, model pembelajara Means-Ends Analysis dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Productive Disposition, Model Pembelajaran Discovery Learning.
id IOS3183.30892
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-10-19T23:11:38Z
last_indexed 2017-10-19T23:11:38Z
recordtype dc
_version_ 1766044930426273792
score 17.538404