PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP
ctrlnum |
30892 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/30892/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN 
MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN 
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN 
PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP</title><creator>TITIN TRIYANTI, 135050085</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan pemecahan 
masalah matematis dan productive disposition siswa Penelitian ini bertujuan 
untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends 
Analysis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan 
productive disposition siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 
metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretest-postest. 
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Falah Kota 
Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas 
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data 
yang digunakan adalah tes kemampuan peecahan masalah matematis dan skala 
productive disposition. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis 
dan skala productive disposition telah diuji coba terlebih dahulu sehingga laak 
untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan pemecahan 
masalah matematis menggunakan uji independent sample t-test, begitu pula untuk
data productive disposition dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tetapi 
karena data masih berupa data ordinal maka dengan metode MSI (Method of 
Sucessive Interval) data diubah menjadi data interval kemudian dianalisis 
menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang 
menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dari pada 
siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovey Learning dan pencapaian 
productive disposition siswa dalam pembelajara matematika yang menggunakan 
model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang 
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian, model 
pembelajara Means-Ends Analysis dapat dijadikan salah satu alternatif model 
pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran 
matematika.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan 
Pemecahan Masalah Matematis, Productive Disposition, Model 
Pembelajaran Discovery Learning.</description><date>2017-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/1/1.%20SAMPUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/2/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/2/8.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/3/9.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/3/10.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/4/11.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/5/12.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/30892/6/13.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> TITIN TRIYANTI, 135050085 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>30892</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
TITIN TRIYANTI, 135050085 |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN
MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN
PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/30892/1/1.%20SAMPUL.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/2/6.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/2/8.%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/3/9.%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/3/10.%20BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/4/11.%20BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/5/12.%20BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/6/13.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/30892/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan pemecahan
masalah matematis dan productive disposition siswa Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends
Analysis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan
productive disposition siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretest-postest.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Falah Kota
Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah tes kemampuan peecahan masalah matematis dan skala
productive disposition. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis
dan skala productive disposition telah diuji coba terlebih dahulu sehingga laak
untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan pemecahan
masalah matematis menggunakan uji independent sample t-test, begitu pula untuk
data productive disposition dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tetapi
karena data masih berupa data ordinal maka dengan metode MSI (Method of
Sucessive Interval) data diubah menjadi data interval kemudian dianalisis
menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dari pada
siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovey Learning dan pencapaian
productive disposition siswa dalam pembelajara matematika yang menggunakan
model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian, model
pembelajara Means-Ends Analysis dapat dijadikan salah satu alternatif model
pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran
matematika.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis, Productive Disposition, Model
Pembelajaran Discovery Learning. |
id |
IOS3183.30892 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-10-19T23:11:38Z |
last_indexed |
2017-10-19T23:11:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044930426273792 |
score |
17.538404 |