Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV SDN Bungurjaya 2 Cikalongkulon Cianjur dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran problem based learning Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes (pretestt dan posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas, lembar observasi, penilaian sikap dan keterampilan peserta didik, untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan keterampilan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bungurjaya 2 yang berjumlah 21 orang. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu dengan presentase sebanyak 9,5% sedangkan pada siklus II dengan prsentase mencapai 76% dan siklus III sebanyak 90%. Penilaian sikap peserta didik pada siklus I dengan presentase 23% sedangkan siklus II sebanyak 42% dan siklus III 80%. Penilaian keterampilan pada siklus I dengan presentase 28,5% dan siklus II 57% kemudian siklus III sebanyak 76%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran problem based leraning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV SDN Bungurjaya 2 Cikalongkulon Cianjur. Kata kunci : problem based learning, hasil belajar, sikap dan keterampilan.