PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kekayaan Negeriku Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibaduyut 148 Kecamatan BojongloaKidul Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016-2017)

Main Author: LARASANI, 135060198
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/30845/8/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/1/abstak%20indo.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/2/abstrak%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/5/abstak%20sunda.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/3/BAB%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/6/BAB%202.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/4/BAB%203.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/7/BAB%204.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/8/BAB%205.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/8/daaftar%20pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30845/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, masalah yang terdapat dalam kelas peneliti yaitu hasil belajar siswa yang masih rendah, karena guru tidak menggunakan model pembelajaran dan guru jarang menggunakan alat praga atau media pembelajaran, sehingga siswa kurang percaya dir i, peduli dan tanggung jawab dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model Project Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, peduli, tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam d i Indonesia. Penelitian Tundakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan. Pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase siklus I rencana pelaksanaan pembelajaran 2,86 (baik), siklus II yaitu 3,13 (baik) dan siklus III menjadi 3,53 (sangat baik). Pelaksanaan pada siklus I yaitu 2,85 (baik), siklus II yaitu 3,01 (baik) dan siklus III menjadi 3,57 (sangat baik). Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil sikap percaya diri siswa pada siklus I yaitu 33%, pada siklus II yaitu 57% dan siklus III menjadi 83%. Hasil sikap peduli siswa pada siklus I yaitu 37%, pada siklus II yaitu 60% dan siklus III menjadi 87%. Hasil sikap tanggung jawab siswa pada siklus I yaitu 40%, pada siklus II yaitu 63% dan siklus III menjadi 90%. Hasil psikomotor (keterampilan berkomunikasi) siswa pada siklus I yaitu 50%, pada siklus II yaitu 70% dan siklus III menjadi 87%. Hasil kognitif (posttest) siswa pada siklus I yaitu 50%, pada siklus II yaitu 70% dan siklus III menjadi 87%. Bersadarkan hasil di atas, secara keseluruhan aspek afektif, kognitif dan psimotorik siswa rata-rata nilai mencapai 80%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model project based learning pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia berhasil mencapai target 80% sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata kunci : Model Project Based Learning, Sikap Percaya Diri, Sikap Peduli, Sikap Bertanggung Jawab dan Hasil Belajar