PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KONSEP TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 6 Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi awal penelitian di kelas V SDN 6 Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta, ditemukan permasalahan pada hasil belajar siswa. Seiring dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada konsep tumbuhan. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dua siklus, subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 6 Ciseureuh yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 17 perempuan. Perolehan hasil belajar dalam penelitian tindakan kelas pada pretest siklus I presentase hasil belajar sebanyak 17% atau sebanyak 6 orang yang dinyatakan tuntas, dan pada pretest siklus II adanya kenaikan presentase hasil belajar sebanyak 78% atau sebanyak 28 orang yang dinyatakan tuntas. Dan perolehan hasil belajar posttest siklus I presentase hasil belajar sebanyak 37% atau sebanyak 13 orang yang dinyatakan tuntas, dan pada perolehan hasil belajar posttest siklus II presentase hasil belajar sebanyak 89% atau sebanyak 32 orang yang dinyatakan tuntas, siswa yang dinyatakan tuntas merupakan siswa yang nilainya memenuhi (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini menunjukan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture pada konsep tumbuhan di kelas V SDN 6 Ciseureuh terjadi peningkatan setiap siklusnya dan dapat dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and picture, pretest, posttest dan Hasil Belajar