PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV B SDN MUARARAJEUN BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV B SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler Kota Bandung, ditemukan permasalahan pada subtema keberagaman budaya bangsku yaitu hasil belajar siswa rendah. Seiring dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV B pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan tiga siklus, subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV B SDN Muararajeun yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 21 laki-laki dan17 perempuan. Perolehan hasil belajar dalam penelitian tindakan kelas pada siklus I presentase hasil belajar sebanyak 39,47% atau sebanyak 15 orang yang dinyatakan tuntas, pada siklus II sebanyak 63,15% atau sebanyak 24 orang yang dinyatakan tuntas, sedangkan pada siklus III sebanyak 86,84% atau sebanyak 33 orang yang dinyatakan tuntas, siswa yang dinyatakan tuntas merupakan siswa yang nilainya memenuhi (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Hal ini menunjukan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV B SDN Muararajeun terjadi peningkatan setiap siklusnya dan dapat dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Hasil Belajar