Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN 086 Cimincrang Kecamatan gedebage Kota Bandung. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV A dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan kerjasama belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 77%, dan siklus II sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 87 (baik), siklus II sebesar 88 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 40%, dan siklus II sebesar 88%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62 (baik), siklus II sebesar 75 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Kerjasama, Hasil belajar, Model PBL,