Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamerta I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang pada kelas IV. Dengan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa kurangnya kemampuan guru untuk memperhatikan kebutuhan siswa seperti penggunaan media, pembelajaran yang monoton dan kurangnya kemampuan guru dalam mengasah siswa untuk berani bertanya dalam pembelajaran menjadi faktor dari rendahnya sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Berdasarkan dari penelitian setiap siklusnya menunjukan hasil yang meningkat pada siklus I siswa yang sikap percaya dirinya tuntas sebanyak 33% atau kurang, siklus II 63% atau cukup, siklus III 76% atau baik. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 70% atau kurang, siklus II 78% baik, siklus III 82% amat baik. Hal ini dikarenakan penerapan model problem based learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.