Daftar Isi:
  • Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses memperoleh informasi. Media audiovisual merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Memproduksi Resensi Film Berorientasi pada Perbandingan Beberapa Resensi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas XI PK 1 SMK Pelita 1 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan dan, mengevaluasi kegiatan pembelajaran memproduksi resensi film berorientasi pada perbadingan beberapa resensi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas XI SMK Pelita 1 Bandung?; (2) Mampukah siswa kelas XI SMK Pelita 1 Bandung dalam memproduksi resensi film berorientasi pada perbadingan beberapa resensi secara tepat?; dan (3) Efektifkah media audiovisual digunakan dalam pembelajaran memproduksi resensi film berorientasi pada perbadingan beberapa resensi pada siswa kelas XI SMK Pelita 1 Bandung. Adapun simpulannya sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi resensi film berorientasi pada perbandingan beberapa resensi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas XI SMK Pelita 1 Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,86 dan 3,9. (2) Siswa kelas XI PK 1 SMK Pelita 1 Bandung mampu memproduksi resensi film berorientasi pada perbandingan beberapa resensi dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 20,96 dan nilai rata -rata postes sebesar 70,2, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 49,24. (3) Media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi resensi film berorientasi pada perbandingan beberapa resensi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan > , yakni 2,08 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 32. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran memproduksi resensi film berorientasi pada perbandingan beberapa resensi dengan menggunakan media audiovisual yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, memproduksi, resensi film, berorientasi perbandingan beberapa resensi, media audiovisual.