PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 8 Manggar Tahun Ajaran 2017/2018)

Main Author: SELLY PARLINA, 135060034
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/30703/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/2/7.%20ABSTRAK%203%20BAHASA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/2/11.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/3/12.%20BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/4/13.%20BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/4/14.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/5/16.%20BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/5/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30703/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan sikap peduli dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri 8 Manggar Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap peduli dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 8 Manggar sebanyak satu kelas yang berjumlah 23 orang siswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan sikap peduli dan hasil belajar siswa pada tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pelaksanaan tindakan kelas (PTK) dilakukan sebanyak 3 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan pada setiap akhir siklus dilakukan observasi untuk mengetahui hasil peningkatan sikap peduli dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kategori presentase sikap peduli siswa hasil observasi siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,30, hasil observasi siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,52 dan siklus III memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,9. Selain itu peningkatan terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar peserta didik yang tuntas jika di presentase kan sekitar 56%, di siklus II mengalami peningkatan yaitu 73% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 91 % yang telah mencapai KKM yang telah di tentukan yaitu 75. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri 8 Manggar Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sikap Peduli.