MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING PADA SUBTEMA KETAMPAKAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Tema 8 Bumi dan Alam Semesta Subtema 2 Ketampakan Rupa Bumi di SDN GIRIMUKTI 1 GARUT Tahun Ajaran 2017/2018)

Main Author: TIKA, 135060154
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/30688/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/2/7.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/3/13.%20BAB%20I%20ACC.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/4/14.%20BAB%20II%20ACC.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/4/15.%20BAB%20III%20ACC.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/5/16.%20BAB%20IV%20ACC.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/6/17.%20BAB%20V%20ACC.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/7/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30688/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap santun, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Bumi dan Alam Semesta subtema Ketampakan Rupa Bumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Girimukti 1, sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap santun, peduli, dan tanggung jawab cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 73% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 27 %. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Bumi dan Alam Semesta subtema Ketampakan Rupa Bumi . Kata Kunci : Inquiry Terbimbing, Hasil Belajar.