Daftar Isi:
  • Menganalisis merupakan suatu penyelidikan untuk memecahkan masalah pada suatu pembelajaran. dan digunakan sebagai alat pengembang kreativitas anak untuk berpikir dan mengolah nalar secara lisan maupun tulisan. Metode cooperative script merupakan metode belajar dengan cara siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagianbagian dari materi yang dipelajari, Pembelajaran ini adalah kontrak belajar yang eksplisit antara guru dan siswa mengenai cara berkolaborasi. Berkenaan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah dengan Menggunakan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas XI SMA BPI 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode cooperative script. Mampukah peserta didik menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan tepat. Efektifkah metode cooperative script diterapkan dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMA BPI 2 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu quasi experiment (eksperimen semu), dengan teknik penelitian studi pustaka, uji coba, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode cooperative script. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil rata-rata nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,69. Nilai tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik (A). Peserta didik kelas XI SMA BPI 2 Bandung mampu menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil nilai rata-rata pretes sebesar 38,4 dan nilai rata-rata postes sebesar 81,6 dengan selisih 43,2. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas XI SMA BPI 2 Bandung mengalami peningkatan dalam belajar. Keefektifan metode cooperative script dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil 31,5 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka kesimpulannya adalah penelitian pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMA BPI 2 Bandung, sudah ilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, Menganalisis, Sistematika, Kebahasaan, Karya Ilmiah, Metode Cooperative Script