PEMBELAJARAN MENULIS ULASAN TERHADAP PESAN DARI DUA PUISI DENGAN TEMA YANG SAMA MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap sebuah karya yang di dalamnya memuat aspek peninjauan isu, pemaparan argumen serta penilaian. Model Mind Mapping adalah suatu cara mencatat yang dapat memetakan pikiran yang kreatif dan efektif, serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak kanan dan otak kiri. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis ulasan terhadap pesan dari dua puisi dengan tema yang sama menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis ulasan terhadap pesan dari dua puisi dengan tema yang sama menggunakan model mind mapping pada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung?; (2) apakah peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung mampu menulis ulasan terhadap pesan dari dua puisi dengan tema yang sama menggunakan model mind mapping?; (3) bagaimanakah ketepatan model mind mapping dalam pembelajaran menulis ulasan terhadap pesan dari dua puisi dengan tema yang sama pada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan ketepatan model mind mapping dalam pembelajaran menulis ulasan terhadap pesan dari dua puisi dengan tema yang sama. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one grup pretestposttest design adapun hasilnya; hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,52. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 28,44 dan rata-rata nilai posttest sebesar 69,68, peningkatan sebesar 41,24. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik thitung > ttabel, yakni 14,41 > 2,08 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: pembelajaran, teks ulasan, model mind mapping.