Daftar Isi:
  • Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Memproduksi Struktur Isi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Think-Talk-Write pada Siswa Kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung dengan tepat?; 2) Seberapa besar kemampuan siswa dalam memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan siswa kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung?; 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan untuk siswa kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung sebelum dan sesudah guru menerapkan model Think-Talk-Write? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 36 siswa yang merupakan siswa kelas XI IIS 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan dengan menggunakan model think-talk-write. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7; (2) siswa kelas XI IIS 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan dengan menggunakan model think-talk-write. Hal ini dapat terbukti dari hasil tes awal dengan rata-rata 38,47 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 75,58. Perbedaan ini menunjukkan selisih 36,11 sehingga menghasilkan peningkatan dari tes awal dan tes akhir sebesar 36,11. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,04 dengan kategori nilai baik (B); (3) model think-talk-write efektif digunakan dalam memproduksi struktur isi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yakni 26,55 > 2,03 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 35. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan dengan menggunakan model think-talk-write pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran memproduksi struktur isi, teks eksplanasi, think-talk-write.