Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) bagaimanakah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung?; (2) seberapa mampu siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung dalam mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA)?; dan (3) efektifkah penggunaan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung?. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu. Hasil yang penulis dapatkan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6 dan 3,69; (2) siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi dengan menggunakan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes 0,629 dan postes 2,601. Selisih antara nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 1,972; dan (3) metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik 18,2795>2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Menelaah, Pembelajaran, Teks Deskripsi.