Daftar Isi:
  • syair adalah puisi yang setiap baitnya terdir empat baris. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian menenai “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Syair dengan Menggunakan Metode Discovery Learning pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2016-2017: 1) Mampukah penulis melaksanakan kegiatan menelaah struktur dan kebahasaan syair dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung menelaah struktur dan kebahasaan syair? 3) Efektifkah metode discovery learning diterapkan dalam pembelajaran mene-laah struktur dan kebahasaan menggunakan metode discovery learning pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan metode discovery learning dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan syair di kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung dengan tepat? Metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Ada pun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan syair dengan menggunakan metode discovery learning hal ini dibuktikan dari hasil perencanan pembelajaran 3,88 dan nilai pelaksanan pembelajaran sebesar 3,90 dengan ratarata akumulatif sebesar 3,86 nilai tersebut termasuk kategori sangat baik; 2) Siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung mampu menelaah struktur dan kebahasaan syair dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes 12,2 dan nilai rata-rata postes yaiti 82,2. Jadi, ada peningkatan sebesar 65; 3) Metode discovery learning digunakan dalam pembelajaran meleaah struktur dan kebahasaan syair pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung>t tabel yakni 23 > 2,04 pada kepercayaan 95% dan d.b sebesar 24. Berdasarkan data yang dihadilkan dari peelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan syair dengan .menggunakan metode discovery learning di kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menelaah, struktur dan kebahasaan syair , metode discovery learning.