PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS BIOGRAFI BERORIENTASI PADA NILAI YANG DAPAT DITELADANI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Judul dari penelitian ini adalah “Menganalisis Teks Biografi Berorientasi pada Nilai yang dapat Diteladani dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong tahun pelajaran 2016/2017 dengan tepat? 2) seberapa besar kemampuan siswa dalam menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong ? 3) apakah ada perubahan yang signifikan antara kemampuan menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong sebelum dan sesudah guru menerapkan model cooperative integrated reading and composition? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksana-kan pembelajaran menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,65. 2) siswa kelas X-MIA4 SMA Negeri 1 Parongpong mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani menggunakan model cooperative integrated reading and composition. Hal ini dapat terbukti dari hasil tes awal dengan rata-rata 28,40 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 70,83. Perbedaan ini menunjuk-kan selisih 29 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 29.. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,21 dengan kategori nilai baik (B). 3) model cooperative integrated reading and composition efektif digunakan dalam menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik diketahui t hitung ≥ t tabel yaitu 28,275 > 17,17 dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data penelitian, penulis menganalisis teks biografi berorientasi pada nilai yang dapat diteladani dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menganalisis, teks biografi, cooperative script. cooperative integrated reading and composition.