Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah “Pembelajaran Menganalisis Unsur Intrinsik Pada Teks Cerpen dengan Menggunakan Model Jigsaw Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Rancaekek Tahun Pelajaran 2017-2018”. Rumuan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek? 2) apakah siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek mampu menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen secara tepat? 3) apakah model pembelajaran jigsaw efektif dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretestpostest. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7. 2) siswa kelas XI MIA 5 SMAN 1 Rancaekek mampu menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw. Hal ini dapat terbukti dari hasil pretes dengan rata-rata 18,7 dan hasil postes dengan rata-rata 57,1. Perbedaan ini menunjukkan selisih 38,4 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 38,4. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,5. 3) model jigsaw efektif digunakan dalam menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yakni 38,4> 2,042 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 33. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menganalisis unsur intrinsic pada teks cerpen dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas XI SMAN 1 Rancaekek terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran menganalisis, unsur intrinsik, teks cerpen, jigsaw.