Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai-Nilai Kehidupan yang Terkandung dalam Kumpulan Cerita Pendek yang dibaca dengan menggunakan Metode Guided Inkuir pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru tahun pelajaran 2017/2018” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca dengan metode guided inkuiri pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Serang Baru?; (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 1 Serang Baru melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca?;(3) Efektifkah metode guided inkuiri diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca terhadap peserta didik kelas XI SMAN 1 Serang Baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca dengan menggunakan metode Guided Inkuiri pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,46 (B); (2) Peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan belajar dengan nilai postes lebih besar dari pretes, yakni 73,9 ≥ 50. (3) Metode guided inkuiri efektif diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 1,55 > 0,03 pada tingkat kepercayaan 95%, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek dengan metode Guided Inkuiri. Kata kunci: Mengidentifikasi, Metode Guided Inkuiri, Nilai-nilai kehidupan, kumpulan cerita pendek yang dibaca