PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ULASAN KARYA SENI DAERAH YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII-E SMP NEGERI 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses mempero-leh informasi. Model think pair share merupakan cara menarik untuk menstimu-lasi diskusi yang aktif dan krearif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan Karya Seni Daerah yang dibaca dengan Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menelaah struk-tur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca dengan menggu-nakan model Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 2 Bandung?; 2) Mam-pukah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandung dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah secara tepat?; dan 3) Efektifkah mo-del Think Pair Share digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan keba-hasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandung?. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis sebagai berikut; a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mene-laah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca dengan menggunakan model think pair share di kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,33 dengan kategori baik; b) Peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca dengan menggunakan model think pair share. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 32,24 dan nilai rata-rata postes 75,86, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 43,62; dan c) Mo-del think pair share efektif digunakan untuk kelas VIII-E SMP Negeri 2 Bandung dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni dae-rah yang dibaca. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil me-nunjukkan , yakni 20,07 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 28. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa model think pair share efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan karya seni daerah yang dibaca. Kata Kunci: Pembelajaran, menelaah, struktur, kebahasaan, teks ulasan, karya seni daerah, model think pair share.