Daftar Isi:
  • Pembelajaran menelaah termasuk dalam aspek pembelajaran keterampilan membaca. Metode buzz group merupakan bagian dari model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktif. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian penerapan metode buzz group dalam pembelajaran menelaah struktur koheren pada teks narasi terhadap siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai penerapan metode buzz group dalam pembelajaran menelaah struktur koheren pada teks narasi terhadap siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan 3,8 dan pelaksanaan sebesar 3,6; 2) Peserta didik kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung mampu menelaah struktur koheren pada teks narasi menggunakan metode buzz group. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 10,1 dan nilai rata-rata postes yaitu 70,9. Jadi, ada peningkatan sebesar 60,8 atau setara dengan 20,2 %; 3) Metode buzz group efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur koheren pada teks narasi terhadap siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > ttabel yakni 28,9 > 2,04 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis simpulkan bahwa penerapan metode buzz group dalam pembelajaran menelaah struktur koheren pada teks narasi di kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung telah berhasil. Kata Kunci: Menelaah struktur, koheren, keterampilan membaca, teks narasi, metode buzz group.