Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sadu 03 yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia dengan menggunakan model Discovery Learning. Keadaan siswa yang kurang memiliki sikap percaya diri dan pada hasil belajar yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak yang dibawah KKM karena guru yang sering menggunakan satu metode cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini di dilaksanakan dalam tiga siklus dengan pembelajaran pada setiap siklus digunakan teknik evaluasi yang digunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan kategori sikap percaya diri siklus 1 kurang dan meningkat menjadi baik pada siklus II. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus III menjadi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan rata-rata 63 meningkat menjadi 68 pada siklus II. Kemudian pada siklus III meningkat pula menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sadu 03 pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Kata kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar