Daftar Isi:
  • Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru bertugas dan bertanggung jawab memotivasi, memfasilitasi, mendidik dan melatih peserta didik Salah satu cara mengatasi kesulitan yang dialami oleh peserta didik adalah dengan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran yang peserta didik merasa mengalami kesulitan, dengan adanya minat, diharapkan peserta didik dapat belajar dengan baik dan dapat mengatasi kesulitan yang peserta didik alami. Demikian juga dengan belajar. Belajar yang dilakukan dengan penuh minat dan rasa suka akan membawa hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan belajar yang dilakukan karena terpaksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualit atif deskriptif Hasil penelitian dilapangan bahwa Kegiatan peserta didik dikelas, dimulai ketika mereka mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran. Mereka memfokuskan diri pada guru yang akan memberikan materi, peserta didik ini mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan baik dan mempunyai motivasi yang tinggi hal tersebut terlihat karena antusiasme peserta didik dalam mengerjakan tugas, dan berbondong-bondong ingin menjawab pertanyaan yang guru berikan. Guru mengajar dengan metode yang membuat peserta didik aktif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga peserta didik senang dan aktif dalam menjawab pertanyaan oleh guru. Bahwa minat belajar peserta didik di SMP Indonesia Raya memiliki minat belajar yang sangat tinggi. Factor yang mempengaruhi minat pembelajaran PPKn di SMP Indonesia Raya adalah dari cara mengajar guru yang sangat bervariasi, sehingga peserta didik bisa lebih memfokuskan pada materi yang akan disampaikan. KATA KUNCI : Peranan guru, peserta didik, minat