ANALISIS SEMIOTIKA PADA LOGO HITS RADIO
Main Author: | Egy Rizky Maulana, 132050176 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/30501/1/Cove.pdf http://repository.unpas.ac.id/30501/2/BAB%20IFIX.docx http://repository.unpas.ac.id/30501/3/BAB%20IIFIX.docx http://repository.unpas.ac.id/30501/4/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/30501/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/30501/23/IMG_20171010_155925.jpg http://repository.unpas.ac.id/30501/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Pada Logo Hits Radio”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemaknaan pada logo Hits Radio. Radio sebagai perusahaan tentunya memiliki beberapa aspek yang berpengaruh diantaranya adalah bentuk komunikasi, public relations, dan desain komunikasi visual Metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah metode analisis semiotika dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari : studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan terdiri dari : Observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang terdiri dari semiotik model Charles Sanders Pierce berangkat dari teori Segitiga Makna yang terdiri dari Tanda, adalah sesuatu yang berbentuk fisik yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merujuk (mempresentasikan) hal lain diluar tanda itu sendiri. Acuan tanda ini disebut objek, acuan tanda (objek) adalah konteks yan menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda. Penggunaan tanda (interpretan) adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk oleh tanda. Rekomendasi yang bisa diberikan peneliti sebagai masukan bagi pihak Hits Radio agar tetap konsisten dengan makna logo-nya yang di dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Saat ini sudah menjadi value teristimewa dalam setiap Radio. Saya melihat bahwa hiburan dan informasi di kalangan muda saat ini harus lebih dikembangkan dan menciptakan kembali trend yang positif.