Pemasaran Eksperiental, Pemasaran Kerelasian Pelanggan Dalam Mewujudkan Nilai Pelanggan, serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Hotel Bintang 3, 4 dan 5 di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) Tahun 2015
Main Author: | Ananta Budi Danurdara, NPM. 139010003 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/3050/1/1.%20abstrak.doc http://repository.unpas.ac.id/3050/2/BAB%20I%20%2005-07-2015.doc http://repository.unpas.ac.id/3050/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah mendapatkan bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena, serta kesimpulan tentang implementasi pemasaran eksperiental dan pemasaran kerelasian pelanggan dalam mewujudkan nilai pelanggan dan implikasinya terhadap loyalitas pelanggan hotel bintang 3, 4 dan 5 di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat dari segi praktis dan juga memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen, khususnya manajemen pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif induktif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta menyusun kesimpulan dan saran. Hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Penerapan pemasaran eksperiental (experiential marketing) yang dilakukan hotel bintang di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat menurut persepsi pelanggan baru termasuk dalam kategori cukup baik. 2. Penerapan pemasaran kerelasian pelanggan (customer relationship marketing) yang dilakukan hotel bintang di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat menurut persepsi pelanggan sudah termasuk dalam kategori baik. 3. Penerapan nilai pelanggan (customer value) yang dilakukan hotel bintang di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat secara keseluruhan dipersepsikan pelanggan baru termasuk dalam kategori cukup baik. 4. Loyalitas pelanggan (customer loyalty) yang menggunakan jasa hotel bintang di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dipersepsikan pelanggan baru termasuk dalam kategori cukup loyal. 5. Pemasaran eksperiental dan pemasaran kerelasian pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai pelanggan hotel bintang di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menegaskan pentingnya implementasi pemasaran eksperiental dan pemasaran kerelasian pelanggan sebab dapat meningkatkan nilai pelanggan, yang juga berimplikasi terhadap loyalitas pelanggan hotel bintang di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kata kunci: pemasaran eksperiental (experiential marketing), pemasaran kerelasian pelanggan (customer relationship marketing), nilai pelanggan (customer value), loyalitas pelanggan (customer loyalty), hotel bintang, dan Bandung.