PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN CONCEPT PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN CONCEPT MATEMATIS SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran matematika melalui strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self-concept matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain satu variabel. Subjek penelitan ini adalah 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan self-concept matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan strategi REACT dan siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-conceptmatematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran matematika secara konvensional serta tidak dapat perbedaan capaian self-concept antara siswa yang memperoleh strategi REACT dalam pembelajarannya dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional secara signifikan. Kata kunci: strategi REACT, kemampuan pemecahan masalah matematis, selfconcept matematis