Daftar Isi:
  • Wisda Bahlis, 2017. Hubungan Self Efficacy Dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Pasundan 1 Cimahi Dalam Pembelajarn Ekosistem Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self efficacy dan aktivitas belajar siswa serta hubungan keduanya pada pembelajaran ekosistem. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi siswa sebanyak 20 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan data self efficacy dilakukan setelah pembelajaran ekosistem berakhir dengan menggunakan angket yang terdiri dari 20 butir pernyataan yang meliputi tiga aspek self efficacy yaitu aspek akademik, pengaturan diri dan sosial. Data aktivitas belajar siswa diambil dengan melakukan observasi dari awal sampai akhir pembelajar dengan video. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji korelasi dari setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif dan signfikan dengan aktivitas belajar (P<0,05). Akan tetapi, korelasi tidak terjadi pada setiap fase pembelajaran. Hasil ini menggambarkan ketidak utuhan hubungan self efficacy dengan aktivitas belajarsiswa pada pembelajaran ekosistem. Kata kunci : Self Efficacy, aktivitas belajar, Ekosistem