Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis MIVI (Multimedia Interaktif Visual). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA di SMA Taman Siswa Rancaekek terhadap materi sistem peredaran darah manusia yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan media didalam kelas. Sehingga siswa banyak yang tidak mencapai kriterian ketuntasan minimum dalam ranah kognitif, kurang interaktif, mengalami kejenuhan, dan sulit memahami materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra eksperimental. Desain penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Instrumen berupa 20 soal pilihan ganda dengan hasil penelitian; nilai rata-rata pretest sebesar 49,94 dan rata-rata posttest sebesar 82,65. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji Z dan diperoleh dengan hasil uji Z signifikan, karena z hitung > z tabel sebesar 4,19 > 1,7. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga media yang diberikan sudah diterima dengan baik dan terdapat peningkatan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan penggunaan media pembelajaran berbasis MIVI dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, MIVI, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia