PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis dan Adversity Quotient matematis dan apakah terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling purposive yaitu siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan Adversity Quotient matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran SQ4R. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika melalui model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Adversity Quotient matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika melalui model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan tidak terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dengan demikan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dapat dijadikan salah satu alternative bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Berpikir Kritis Matematis, Adversity Quotient Matematis, Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R).