PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Tema Keragaman Suku Bansa dan Agama Di Negeriku Kelas IV SDN Bhinangkit Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2016/2017)

Main Author: IMA FAUZIAH, 135060078
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/30109/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/3/abstrakk.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/5/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/6/BAB%20IV%20fiks.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/30109/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bhinangkit pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktifan siswa di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem sisklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakna untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar sikap, lembar keterampilan, lembar wawancara dan lembar evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan presentase aktivitas belajar pada siklus 1 dengan presentase 35,0% dan meningkat menjadi 93,1% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan presentase 31,03% meningkat menjadi 93,1% pada siklus II. Sedangkan keterampilan belajar siswa pada siklus I dengan presentase 38,0% meningkat menjadi 93,1% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil belajar