Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Intrinsic Cognitive Load dan Extraneous Cognitive Load siswa SMA pada pembelajaran sistem ekskresi. Penelitian dilaksanakan di SMA PASUNDAN 3 Kota Cimahi. Subjek penelitian yaitu 25 siswa kelas XI MIPA. ICL diukur berdasarkan skor kemampuan menerima dan mengolah informasi (MMI) dengan menggunakan instrumen task complexity worksheet, sedangkan ECL diukur berdasarkan usaha mental (UM) selama proses pembelajaran dengan menggunakan angket subjective rating scale. Hasil analisis data menunjukkan bahwa MMI yang menggambarkan ICL berada pada kategori baik dengan perolehan skor tinggi, yang menandakan ICL siswa rendah. UM siswa yang menggambarkan ECL pada umumnya rendah. ICL dan ECL memiliki hubungan berbanding terbalik dengan besarnya kontribusi MMI terhadap penurunan UM sebesar 38,2%. Kata Kunci : Intrinsic Cognitive Load, Extraneous Cognitive Load, Materi sistem Ekskresi